Frekuensi Terbaru Indosiar HD di Satelit Telkom 4 C-Band, Masih Graris?

Gambar istimewa
JEMBER, Beritadi.com - Dalam dunia teknologi komunikasi satelit, frekuensi satelit parabola memiliki peran yang sangat penting. Tanpa frekuensi yang sesuai, proses transmisi data dan televisi tidak akan bisa berjalan dengan lancar oleh receiver antena parabola di bumi.

Kabarnya, channel Indosiar dan SCTV sekarang bisa disaksikan secara gratis hanya untuk pengguna antena parabola jaring C Band di satelit Telkom 4. Untuk pengguna parabola mini Ku-Band yang sudah melewati 1 tahun pemakaian, channel tersebut masuk paket berbayar di parabola mini Ku Band.

Untuk pengguna parabola jaring jangan khawatir, channel Indosiar, SCTV, Mentari TV dan Moji masih disaksikan secar gratis. Bagaimana caranya? Simak Artikel ini sampai selesai ya.

Jenis Frekuensi Satelit

Frekuensi yang digunakan oleh satelit parabola umumnya terbagi dalam beberapa band, termasuk: C-Band (4-8 GHz): Digunakan untuk siaran televisi dan komunikasi satelit. Frekuensi ini dulu paling umum digunakan karena dipercaya lebih stabil dan tahan terhadap gangguan cuaca.

Ku-Band (12-18 GHz): Umumnya digunakan untuk layanan televisi satelit langsung (Direct-to-Home). Frekuensi ini lebih rentan terhadap hujan ataupun cuaca buruk tetapi menawarkan kapasitas yang lebih tinggi.

Frekuensi Satelit Parabola

Frekuensi satelit parabola mengacu pada spektrum elektromagnetik yang digunakan oleh satelit untuk mengirimkan sinyal ke antena parabola di bumi. Frekuensi ini diukur dalam hertz (Hz) dan dibagi menjadi beberapa band yang masing-masing memiliki karakteristik khusus.

Untuk pengguna parabola jaring, Emtek group masih bisa disaksikan secara gratis di frekuensi terbaru 4005 H 9100. Pastikan receiver Anda sudah support HD karena siaran TV baru disarankan untuk menggunakan receiver MPEG4 yang sudah memiliki kualitas gambar dan suara lebih bagus.

Adapun beberapa channel diantaranya: SCTV, Indosiar, Moji dan Mentari TV sampai saat ini masih aman dan gratis.

Perubahan yang membuat Indosiar menjadi saluran berbayar di parabola telah menimbulkan kebingungan dan ketidakpuasan di kalangan pemirsa. Alasan di balik perubahan ini termasuk kebijakan penyiaran berbayar, perjanjian komersial, dan biaya lisensi. Meskipun hal ini membawa dampak negatif, namun untuk pengguna parabola jaring masih aman dan fta. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment