Karnaval Desa Purwoasri Gumukmas, HUT RI ke-79

Peserta karnaval Desa Purwoasri, Plerenan , Gumuk MAS
JEMBER, Beritadi.com – Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) selalu diwarnai dengan karnaval yang ramai dan penuh antusiasme dari masyarakat. Selama ini, karnaval sering diselenggarakan di pusat kota atau kabupaten dengan peserta dari berbagai instansi pendidikan, namun kini banyak desa yang juga mengadakan karnaval inovatif mereka sendiri.

Baca Juga: Polsek Tempeh Mengamankan Karnaval HUT RI di Desa Pulo

Salah satu contoh yang menarik adalah Karnaval Desa yang menjadi salah satu agenda tahunan di Desa Purwoasri, yang diadakan oleh Pemerintah Desa setempat. Karnaval ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT RI Ke-79 dan berlangsung pada Sabtu (7/9/2024).

Berangkat dari garis start tugu perbatasan Sambileren-Krebet hingga finish Balaidesa Purwoasri, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember.

Peserta karnaval desa ini diikuti oleh 18 peserta yang bertema tentang "Purwoasri maju dengan semangat Nasionalisme Budaya Nusantara".

Setiap RT atau gabungan dari RT yang diharuskan untuk ikut serta dan memberikan penampilan hasil dari kreativitas setiap warganya.

Ini menunjukkan semangat dan kerinduan masyarakat desa untuk turut serta merayakan keberagaman budaya Indonesia melalui karnaval yang meriah dan berwarna-warni.

Terlihat para peserta di Desa Purwoasri, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember ini menampilkan berbagai busana dari berbagai daerah nusantara.

Seperti pakaian adat Bali, Madura, Jawa, dan sebagainya. Termasuk memperagakan berbagai macam tari yang ada, seperti tari kecak, tari tanduk majeng serta lainnya.

Salah satu peserta bernama Rosid (35) yang merupakan warga Purwoasri, menuturkan, dirinya sangat senang mengikuti kegiatan ini untuk memeriahkan HUT RI ke 79. Harapannya kegiatan serupa bisa kembali digelar dan pesertanya bisa lebih baik lagi.

“Saya dalam karnaval kali ini mengenakan pakaian bali, serta beramai-ramai memanggul ogo-ogoh patung garuda serta mengikuti iringan musik ,” pungkasnya.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment