Pelepasan 32 Tukik Penyu Lekang di Pantai Gumukmas

ilustrasi pelepasan penyu (istimewa)
JEMBER, Beritadi.com – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur bersama Pokmaswas Putra Lestari melepasliarkan 32 tukik penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) di Pantai Nyamplong Kobong, Dusun Jeni, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember, pada Jumat (6/9/2024).

Acara pelepasliaran ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember, Satpolair Puger, Polsek Gumukmas, Dinas Perikanan, dan masyarakat setempat.

Nurul Hidayah, Penyuluh Lingkungan Hidup Ahli Muda DLH Jember, menekankan pentingnya pelestarian penyu yang merupakan spesies terancam punah.

Ancaman seperti perburuan liar, kerusakan habitat, sampah plastik di lautan, dan perubahan iklim mengancam keberlangsungan hidup penyu.

“Pelepasliaran ini diharapkan dapat meningkatkan populasi penyu di perairan Jawa Timur,” ujar Nurul.

Sayangnya, sepanjang garis pantai di Jember baru ada dua kelompok masyarakat yang peduli dengan kelestarian penyu.

Padahal, keberhasilan penyu bertahan hidup hingga dewasa sangat kecil, hanya sekitar 1% dari total tukik yang dilepasliarkan. Belum lagi masalah perburuan telur penyu yang masih mengkhawatirkan.

Lewat kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, khususnya ekosistem laut.

Nurul berharap agar lebih banyak kelompok masyarakat yang tergerak untuk ikut serta dalam upaya pelestarian penyu, tidak hanya dengan kerja-kerja swadaya.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menginspirasi lebih banyak masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian penyu dan lingkungan laut,” tutup Nurul.
Source: kissfmjember

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment